Janda di Buton Menurun 

PASARWAJO- Jumlah janda di wilayah Kabupaten Buton menurun. sekitar lima persen. Penurunan jumlah janda di Buton seiring dengan menurunnya angka perceraian di Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Buton. Panitera PA Buton, Drs Idris SH MH menyatakan, angka perceraian  mengalami penurunan sekitar lima persen.

Salah satu faktor yang menjadi penyebab menurunnya angka perceraian di Buton, adalah kewenangan penanganan perkara perceraian di Kabupaten Bombana dan Wakatobi yang telah berpindah di PA Kota Baubau.

“Penurunan persentase angka perceraian disebabkan lepasnya Bombana dan Wakatobi, menyusul keluarnya surat edaran dari PA Provinsi Sultra di Kendari yang mengembalikan penanganan perkara gugatan cerai  dari Bombana dan Wakatobi ke PA Baubau,” kata Idris kepada wartawan.

Idris menjelaskan, sepanjang tahun 2017, angka perceraian di PA Buton mencapai 132 kasus. Rata-rata disebabkan karena faktor suami merantau, kemudian faktor ekonomi dan juga faktor cemburu, sehingga dominan istri yang mengajukan gugatan cerai.(al/nis)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.