Plt Bupati Busel Minta Pemerintah Pusat Percepat Realisasikan Program SKPT

777 kali dilihat, 20 kali dilihat hari ini

BATAUGA-Pemerintah Kabupaten Buton Selatan telah menetapkan kelautan dan perikanan sebagai prioritas pembangunan daerah. Salah satu ygang akan digenjot adalah dengan membangun sentra atau kawasan kelautan dan perikanan terpadu. Rencanan ini telah mendapat dukungan pemerintah pusat dengan penetapan Buton Selatan melalui Kepmen Kelautan dan Perikanan No 51/2016 tentang Penetapan Lokasi Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu.

Menurut Bupati Buton Selatan, H.  Arusani, Pemerintah Buton Selatan sangat mengharapkan agar Kementerian Kelautan dan Perikanan segera merealisasikan pembangunan SKPT di Buton Selatan.

“SKPT merupakan program strategis pemerintah pusat yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Buton Selatan” kata Arusani.

Perairan Kabupaten Buton Selatan meliputi laut Banda dan laut Flores dengan potensi ikan sebanyak 1.3 juta ton. Arusani melanjutkan bahwa Kabupaten Buton Selatan merupakan daerah otonom baru yang membutuhkan stimulua program dari pemerintah pusat. Apalagi laut Buton Selatan memiliki kekayaan sumberdaya ikan yang luar biasa.

“Kapasitas fiskal kami tergolong rendah, sehingga pengelolaan sumberdaya alam seperti kelautan dan perikanan membutuhkan sentuhan program affirmatif seperti SKPT” kata Arusani.

Untuk mendukung pelaksanaan SKPT, pemda telah menyiapkan lokasi di 4 titik strategis yaitu Sampolawa, Siompu, Kadatua dan Sampolawa dengan luas total sekitar 100 ha.

“Kami siap menyediakan lahan untuk pembangunan lapangangan terbang khusus cargo ikan serta hasil lainnya di Buton Selatan dan sekitarnya” pungkas Arusani.

Pengamat pembangunan Buton Selatan, Adnan Mustajab mengatakan bahwa KKP perlu mempercepat pelaksanaan SKPT sebab merupakan janji yang perlu segra ditunaikan. “Janji pembangunan yang perlu segera ditunaikan untuk membantu ketertinggalam daerah ini” kata Adnan. (is)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.