Terhambat SPJ Pencairan Dana Desa Terkendala

529 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

WAKATOBI – Mendekati akhir tahun 2017, beberapa desa yang ada di Kabupaten Wakatobi, sampai hari ini belum melakukan permintaan pencairan dana desa tahap dua pasalnya masih terkendala penyelesaian SPJ program-program yang telah di kerjakan sebelumnya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Desa dan Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (P3A dan Pemdes) Kabupaten Wakatobi Sarimu, menjelaskan, selain baru di kirimnya dana desa (DD ) dari kementrian ke uangan melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (kppn-red) ke kas daerah juga di pengaruhi SPJ desa yang masih dalam proses atau belum rampung yang mengakibatkan keterlambatan pencairan penyaluran ke desa-desa.

Sehingga dari 75 desa yang ada baru sekitar 57 desa yang sudah menerima Add kemudian dana desa baru sekitar 28 desa yang menerima pertanggal 12 desember 2017 .”Kita harapkan kepada seluruh desa-desa agar mempercepat proses SPjnya agar secepatnya di masukan ke sini,” harapnya rabu (13/12).

Ia menamabahkan pihaknya mendesak setiap desa yang belum menyelesaikan SPJ kegiatan agar mempercepat pembuatan SPJ, pasalnya batas pencairan Add dan DD sampai tanggal 20 desember 2017.

“Hanya desanya sendiri yang tidak pro aktif untuk melakukan pengurusan spjnya yang belum di rampungkan,” ujarnya. Untuk mengantisipasi, ke terlambatan- keterlambatan serupa di tahun depan pihaknya telah mepersiakan 15 orang anggota untuk belajar sistem keuangan desa di BPKP.

“harapan kami agar desa-desa tidak menyia-nyiakan itu, tapi mereka harus dimanfaatkan ke anggotan yang 15 orang ini untuk membimbing dan pihak desa mempertanyakan apa-apa yang mereka belum tau pahami untuk bisa bina pembuatan spj.”

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author