Ini Jawaban Arusani Ketika Ditanya Wartawan Terkait Cagub Asrun-Hugua

90 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

BATAUGA-H. Arusani yang baru saja menjabat Plt Bupati Buton Selatan (Busel) siap bekerja keras memenangkan pasangan Asrun-Hugua di Kabupaten Busel. Hal tersebut disampaikan Arusani ketika diwawancarai sejumlah wartawan saat mendampingi Hugua pada acara sosialisasi dan konsolidasi tim di Laompo, selasa (12/6).

Dihadapan Hugua, Arusani menyatakan tidak ada alasan untuk tidak bekerja maksimal sebagaimana petunjuk dan arahan Hugua sebagai pimpinan PDI-P Sultra. “Saya rasa sudah jelas, saya merah, berarti merah semua,” kata Arusani.

Dia menambahkan, dirinya siap bekerja sesuai amanah pimpinan organisasi. Ditempat yang sama, Calon Wakil Gubernur Sultra nomor urut 2, Hugua, menjelaskan kehadirannya di Busel dalam rangka konsolidasi tim pemenangan. “Ini bagian dari silaturahmi bersama kader, simpatisan, guna memastikan tim Asrun Hugua di TPS ada tiga sampai empat orang per TPS di seluruh wilayah di kecamatan Busel,” ujar Hugua pada awak media.

Konsolidasi tim Asrun-Hugua di Busel, dihadiri tim dan tokoh masyarakat. Bahkan hingga tokoh perwakilan masyarakat dari Batuatas juga hadir.

“Ini pertanda bahwa seluruh komponen desa yang ada di Busel hadir. Dan saya percaya diri di Buton Selatan menang besar,” katanya.

Alasanya kata Hugua, sistem tim bergerak, mesin partai bergerak.

Tentu ia juga mengharapkan kemenangan di Busel. Karena 20 tahun lalu hingga beberapa tahun belakangan. Hugua sudah membawa beberapa program strategis di Busel.

Contohnya, program LSM sistensa air bersih , pelatihan dukun, Koperasi, pengembangan gizi, klinik desa, pelatihan pengembangan usaha sudah dihadirkan di Busel dari Lawela sampai Bahari hingga Lapandewa.

Dengan memperkenalkan masa lalu sebelum menjadi calon bupati di Wakatobi hingga calon gubernur sudah menjalankan program tersebut.

Karena itu keyakinannya menang besar di Busel cukup menjanjikan.

Kata dia, program jangka panjang pasangan Asrun Hugua tetap fokus pada sektor pertanian, perikanan dan pariwisata.

Pertanian dan perikanan itu fokus pada sektor industri dan jasanya.

Keuntungannya dari program ini, bisa menekan angka pengangguran di Sultra. Angka lapangan kerja bisa tercipta lebih besar. Menumbuhkan ekonomi kreatif masyarakat.

Contoh disektor pertanian, ubi dan pisang bisa menjadi ekonomi kreatif pembuatan kripik pisang dan singkong.

Potensinya di Sultra sektor pertanian ini cukup besar. Bisa melahirkan sektor industri di desa.

Dengan demikian ekonomi kreatif, pemuda yang sudah lulus kuliah pulang kampung difasilitasi membuat kreatif ekonomi disektor ini. Bisa membuat lapangan pekerjaan dan bekerja menghasilkan uang. Dengan begitu nilai ekonomi di desa bisa hidup pertanian dan perikanan bisa hidup 70 persen disektor lain 30 persen.

Program unggulan lain pengembangan sektor wisata.

Ini adalah sektor pendampingan pendekatan perekonomian yang berkeadilan. Karena semua sektor bisa bergerak.

“Misalnya, di Laompo ini datang satu orang turis maka tiga ikan yang habis dikonsumsi dalam sehari, makanan dikonsumsi turis,” katanya.

Artinya, kata dia,, sektor pergerakan perekonomian pertumbuhan hidup. Itulah dahsyatnya sektor pariwisata. Bisa dibayangkan sektor pertanian dan perikanan hidup.

“Serahkan sama kami Asrun-Hugua ahlinya sektor pariwisata,” katanya.

Sedangkan program jangka menengah yakni Sultra Emas 2018-2023 umrah dan haji gratis untuk Imam Masjid,
majelis taklim, remaja masjid dan kepala desa. Bantuan pupuk gratis untuk petani.

Bantuan kapal dan alat tangkap ikan gratis. Bantuan modal bagi usaha mikro tanpa agunan. Bedah rumah gratis bagi masyarakat. Memastikan seluruh jalan provinsi teraspal. Meningkatkan tunjangan perbaikan penghasilan
yang belum, petambak untuk nelayan.

Tanpa bunga dan tanpa proposal tidak mampu dengan kualitas terbaik.
(TPP) bagi ASN dan guru.

“Saya yakin 99,9 persen menang di Busel, kenapa karena 60 ribu tim Asrun-Hugua menang di Sultra.

Ia juga meyakini wilayah daratan Kolaka, Konsel menang, di Kepulauan Wakatobi ia meyakini menang.

Bombana menang besar, Kolaka timur”Buton wajarlah menang kecil, Kota Baubau berimbang, Busel harusnya menang besar karena Plt Bupatinya orang PDIP. Sebab kalau dia kalah maka itu indikator diperiode keduanya harus dipertanyakan.

Ia menambahkan kalau menjabat ketua DPD kalah didaerahnya sementara menjadi Bupati dan Wabub itu perlu dipetanyakan.

Sementara itu Plt Ketua DPD PDIP Busel La Ode Arusani yang juga Plt Bupati Busel mengaku siap memenangkan Asrun-Hugua di Busel. “Iya saya siap menangkan Asrun-Hugua di Busel, saya akan menangkan Busel,” ujarnya.

Arusani enggan banyak komentar. Yang pasti ia banyak bekerja menyusun strategi memenangkan pertarungan untuk Cagub-cawagub Asrun Hugua.

Hadir juga dalam konsolidasi ini petinggi PDIP Busel, PAN dan partai koalisi lain. Selain itu hadir juga sejumlah Caleg yang sudah mendaftar di PDIP Busel.(is)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.