IBM-Ilyas Tolak Hasil Rekapitulasi Perhitungan Suara

103 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

BAUBAU- Rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara pilkada Kota Baubau 2018 yang digelar dihalaman kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau, Kamis (05/07), yang berlangsung sedikit alot. Hal ini terlihat dengan ditolaknya hasil rekapitulasi hasil perhitungan suara oleh saksi pasangan calon nomor urut 5, IBM-Ilyas. Hal ini diungkapkan langsung oleh saksi paslon IBM-Ilyas saat rapat pleno berlangsung, Jufri M.

Dalam pernyataannya, Jufri mengungkapkan, proses pilkada Kota Baubau terbukti telah terjadi pelanggaran dibeberapa tempat pemungutan suara (TPS). Hal ini terbukti dengan adanya pemungutan suara ulang (PSU).

“Terjadi PSU merupakan fakta hukum yang tidak bisa kita pungkiri. Hal ini membuktikan bahwa memang ditingkat penyelenggara pemilu paling bawah (KPPS, red) banyak yang tidak memahami rambu-rambu yang menjadi tanggung jawab mereka untuk bisa dilakukan. Sehingga memungkinkan terjadinya PSU,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, hal yang paling pokok bagi paslon IBM-Ilyas, adanya harapan bahwa pemilihan kepemimpinan kali ini dapat memberikan nilai edukatif kepada masyarakat.

“Tapi pada kenyataannya, masih ada juga paslon yang memberikan contoh yang kurang bagus kepada masyarakat. Dalam hal ini yang dimaksud adanya money politic secara masif di delapan kecamatan se-Kota Baubau yang dilakukan oleh beberapa paslon, lebih khusus paslon dengan nomor urut dua, Tampil Manis,” tegasnya.

Ditambahkan, pihaknya tidak memungkiri realita yang ada, bahwa beberapa hari ini “katanya” Tampil Manis memperoleh suara tertinggi. Namun perolehan suara tersebut diraih tidak sesuai dengan mekanisme yang ada.

Selain itu, dikatakan, secara tegas dalam UU nomor 10 tahun 2016 dan Perbawaslu nomor 13 tahun 2017 telah diatur tentang sanksi pidana, sanksi administrasi dan apa yang dimaksud dengan TSM.

“Olehnya itu, 8 kecamatan itu IBM-Ilyas melakukan keberatan dan tidak dapat menerima rekapitulasi yang dilakukan oleh PPK di segala tingkatan se-Kota Baubau. Karena disemua kecamatan terjadi sarat jual beli suara atau money politic yang memengaruhi pemilih sehingga mencoblos salah satu paslon tertentu,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Baubau, Edi Sabara, mengatakan penolakan yang dilakukan oleh saksi IBM-Ilyas tidak akan mempengaruhi hasil rekapitulasi. Dan proses rekapitulasi akan tetap dilanjutkan.

“Hak setiap saksi paslon untuk menerima dan menolak hasil rekapitulasi hasil perhitungan suara, namun hal ini tidak akan mempengaruhi proses yang sedang berlangsung. Rapat pleno akan tetap dilanjutkan sesuai dengan prosedur yang ada,” tandas Edi.(Dewi)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.