Puluhan Kapal Mewah Berlabuh di Perairan Pasarwajo, Turis Mancanegara Ramaikan Festival Budaya Tua Buton

177 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

PPASARWAJO-Puluhan kapal yacht, kapal pesiar terlihat berlabuh di perairan Kabupaten Buton. Kehadiran kapal kapal tersebut tidak terlepas dari kegiatan rutin Pemkab Buton yang menyelenggarakan festival budaya tua. Puncak acara festival ini dilangsungkan Minggu 26 Agustus 2018.

Tahun ini, Festival Budaya Tua Buton telah memasuki tahun pelaksanaan ke-6. Seperti tahun sebelumnya, berbagai atraksi seni dan budaya yang merupakan warisan leluhur eks Kesultanan Buton ditampilkan. Tahun ini, tema yang diusung adalah Tradisi Buton Memperkuat Pesona Indonesia.

Pada puncak acara, Pemkab melibatkan lima ribu penari untuk memeriahkan puncak Festival Budaya Tua Buton di alun-alun Takawa, Kabupaten Buton. Hal itu dikatakan, Kadis Pariwisata Kabupaten Buton, Zainudin Napa, kepada wartawan keptonnews.com.

Ada hal menarik dari kegiatan tahun ini. Yaitu, ditampilkannya tarian kolosal dari adat Buton yang telah berumur ratusan tahun. “Untuk tarian kolosal kita akan tampilkan 5 jenis tarian,” terang Zainudin. Pesona Festival Budaya Tua Buton tak hanya menarik minat wisatawan nusantara. Tetapi juga wisatawan mancanegara. Ini terbukti dari banyaknya kapal yacht asing yang berlabuh. Turis-turis tersebut berasal dari berbagai negara. Seperti Amerika, Australia, Filipina, dan Kanada.

Zainudin mengatakan 35 Kapal Yacht Wonderful Sail Indonesia sudah berlabuh. Tepatnya di Teluk Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra). Ditargetkan ada 70 kapal yang akan datang berlabuh.

Respons positif juga disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Menurutnya, Festival Budaya Tua Buton ini memiliki banyak makna.

“Pertama tentu saja menjadi atraksi wisata yang menarik bagi wisatawan. Selain itu, festival ini juga menjaga dan melestarikan kekayaan budaya,” paparnya.(is)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.