Rekrutmen CPNS, Kuota Busel 428 orang

708 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

-Tenaga Guru 271 orang.

Batauga-Kabar gembira bagi masyarakat Buton Selatan (Busel) yang ingin berkarir dalam birokrasi. Pasalnya, pemerintah Busel juga mendapat kuota rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018.

Plt. Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Sumber Daya Manusia (BKD-SDM) Busel, La Ode Firman Hamzah mengatakan, berdasarkan surat keputusan (SK) kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (kemenpan-RB) nomor 485 tertanggal 13 Agustus 2018 tentang kebutuhan pegawai Aparatur Sipil Negara, kuota CPNS Busel berjumlah 428 dari 238.015 orang yang tersebar di kementerian dan instansi daerah se-Indonesia.

Dari jumlah tersebut, lanjutnya, formasih tenaga guru terhitung mendominasi jumlah kuota yakni sebanyak 271 orang. Kemudian disusul formasih kesehatan yakni sebanyak 99 orang dan tenaga teknisi lainnya sebanyak 60 orang. “Seleksi ini dilakukan secara nasional melalui Computer Assisted Tes (cat) yang langsung diselenggarakan oleh badan kepegawaian negara,” kata Firman saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Senin (10/9).

Ia melanjutkan, daerah hanya menyiapkan fasilitas gedung, pengawas dan keamanan termasuk fasilitas komputer. Namun hal ini berlaku hanya untuk daerah yang telah ditetapkan oleh Kemenpan sebagai daerah pusat pelaksanaan tes CPNS. “Di Sultra ada dua yakni Kendari dan Baubau. Busel sendiri masih dalam konfirmasi apakah dilaksanakan sendiri atau akan gabung dengan daerah yang telah di tunjuk oleh Kemenpan RB tadi,” tambahnya.

Master catur Sultra mengaku jika pihaknya telah menyiapkan anggaran melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) tahun 2018 sebanyak lebih dari Rp 400 juta sebagai respon daerah terhadap kegiatan tersebut. “Sesungguhnya itu masih kurang, tapi masih dalam tahap komunikasi intens ini. Kemungkinan ini bisa berubah naik,” paparnya.

Dalam waktu dekat ini, pihaknya akan membentuk panitia seleksi (pansel) tingkat daerah yang diketuai langsung sekretaris Daerah (sekda) Busel, La Siambo. “Sesuai jadwal, tanggal 19 September kita buka pendaftaran,” tutupnya. (Dny)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.