DCS Busel Tak Berubah

240 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Batauga-Berdasarkan jadwal tahapan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Pleno penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) anggota legislatif dilaksanakan hari ini, Kamis, 20/9. Jadwal ini berlaku untuk seluruh Indonesia.

Ketua KPU Buton Selatan (Busel), Ari Ashari Apriadi mengatakan, hasil Pleno KPU menetapkan seluruh caleg yang tercatat di DCS menjadi DCT.

Artinya, tak ada perubahan jumlah caleg dari sebelumnya yakni sebanyak 235 orang dari 15 partai yang mendaftarkan calegnya. “Jumlah ini minus PSI yang tersebar di empat daerah pemilihan di Busel,” ungkapnya.

Berdasarkan DCS, lanjutnya, beberapa calon caleg diketahui masih berstatus ASN, pegawai BUMD dan kepala desa.

Namun semua dinyatakan lolos karena telah merampungkan segala ketentuan PKPU. “Sesuai dengan ketentuan kan mereka ini harus mengundurkan diri. Sesuai dengan ketentuan itu mereka sudah memenuhi semua syarat ketentuan,” tambahnya.

Setelah peleno DCT selesai, tahapan berikutnya adalah masa kampanye yang dimulai pada tanggal 23 September. Namun sebelum kampanye diberjalan, masing-masing parpol wajib melaporkan dana kampanye awal para calegnya dengan membuka RKDK sampai batas waktu yang ditentukan yakni pukul 18:00 WITA.

“Selain itu, Tempat dan titik kampanye juga sudah kita sudah tempatkan. Untuk Busel ada 23 titik itu meliputi dengan pemasangan baleho, spanduk dan rapat umum,” jelasnya.

Ia berharap kepada seluruh caleg dan parpol untuk mematuhi segala ketentuan dan kesepakatan yang telah ditetapkan bersama agar tercipta suasana pemilu atau pilcaleg yang damai, jujur dan berintegritas. “Terkait dengan apa kita sampaikan tadi bahwa tahapan kedepan ini kami harapkan pada peserta pemilu ini mengikuti aturan yang ada dan menghindari segala bentuk black kampanye dan menyampaikan visi misi dengan santun,” harapnya. (Dny)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.