Jelang Kampanye, Bawaslu Busel Gelar Rakor Penguatan Kelembagaan

76 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Batauga-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Buton Selatan (Busel), kembali menggelar rapat koordinasi (rakor) di gedung Al-Safitri, Rabu (31/10). Kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan kelembagaan dan kapabilitas kemampuan dalam pengawasan Pemilu yang akan digelar serentak 2019 mendatang.

Ketua Bawaslu Busel, Mahyudin mengatakan, rakor ini dihadiri ketua panwascam, kepala sekretariat panwascam se-Buton Selatan dan unsur-unsur terkait lainnya. Tujuan kegiatan ini untuk melakukan penguatan kelembagaan kapabilitas kemampuan dalam hal pengawasan terutama dalam menghadapi tahapan kampanye. “Untuk unsur pemuda bagaimana pemuda itu bisa berperan dalam proses pemilu kedepannya. Kami inginkan pemuda itu terlibat aktif dalam proses pengawasan pemilu akan dilaksanakan secara serentak,” papar Mahyudin saat ditemui di lokasi kegiatan.

Ia melanjutkan, Pengawasan partisipatif ini bertujuan untuk bagaimana menciptakan pemilu yang berintegritas, mencegah terjadinya konflik dan mendorong keterlibatan aktif masyarakat dalam pengawasan pemilu. Karena itu, pihaknya menginginkan agar para pemuda tidak lagi dijadikan sebagai objek yang pasif dalam penyelenggaraan pemilu atau gampang dipengaruhi melalui uang dan lain sebagainya. “Yang kami harapkan minimal tidak pemuda beraprtisipasi aktif dalam pengawasan. Bagaimana partisipasi aktif yang dimaksud jika ada pelanggaran pemilu bisa dicegah. Pemuda bisa terlibat jika ada terjadi konflik bisa menengahi. Kalau ada laporan masyarkat tekait money politik atau ketelibatan ASN, Kades atau pejabat itu laporkan kepada kami,” tambahnya.

Dengan demikian, tambahnya, masyarakat khususnya para pemuda bukan lagi menjadi penonton namun terlibat aktif dalam pengawasan pemilu.

Meski tantangan yang didapat di lapangan nantinya sangat menantang, namun Ia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kapabilitas dan kemampuan kinerja seluruh intenal Bawaslu hingga Panwascam dalam mengawasi dan jalannya pilkada berjalan efektif. (Dny)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.