2019, Pabrik Es di Busel Berdiri

176 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Batauga-Para nelayan di Buton Selatan (Busel) nampaknya tak akan lagi kesulitan bila ingin mengawetkan ikan hasil tangkapannya. Pasalnya, pemerintah Busel bakal mendirikan pabrik es balok yang rencananya akan dibangun di kecamatan Sampolawa 2019 mendatang.

Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Busel, Meizat Amril Tamim mengatakan, mesin es tersebut merupakan bantuan kementerian perindustrian tahun 2018. Saat ini, pihaknya tinggal menunggu fasilitas pendukung yakni tegangan listrik. “Mesin ini sudah ada tinggal menunggu listrik. Desember ini kita akan dilakukan ujicoba,” kata Amril saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (31/10).

Ia melanjutkan, daya listrik yang dibutuhkan itu sebesar 6.600 ribu wat. Sebab mesin tersebut harus terus menyala selama 24 jam. “Jika ini beroperasi masyarakat sekitar tidak kesultanan es. Sehingga kualitas tangkapannya bisa terjaga dengan baik,” tambah Amril.

Dijelaskan, mesin ini akan memproduksi 10 ton es balok perhari. Sedangkan Satu balok es yang diproduksi itu seberat 25 kilogram. “Rencananya Desember ini sudah bisa diresmikan. Dan dipastikan 2019 sudah bisa berjalan,” ungkapnya.

Ia berharap, dengan adanya pabrik ini, para nelayan tidak perlu lagi mengambil es dari luar busel. Sebab kebutuhan es sudah terpenuhi. (Dny)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.