Pabrik Rumput Laut Belum Bisa Difungsikan

158 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

PASARWAJO-pabrik rumput laut yang di bangun di Desa Wakalabe Kecamatan kapontori Kabupaten Buton, belum dioperasikan. Pasalnya, pabrik yang menelan dana puluhan miliar tahun 2016 ini tidak didukung dengan ketersediaan bahan baku. Salah satu yang menjadi alasan adalah para petani rumput laut mengalami gagal panen.

Warga setempat sangat berharap pabrik rumput laut yang sudah dibangun beberapa tahun lalu ini bisa dimanfaatkan, sebab pemerintah juga sudah menyiapkan tenaga khusus untuk dipekerjakan di pabrik tersebut. “Tahun 2017, ada 35 orang pemuda di desa Wakalambe yang dikirim ke makassar mengikuti pelatihan teknik operasional pabrik. Namun hingga sekarang, pabrik rumput laut dan 35 tenaga yang sudah siap pakai sama sama menganggur,” kata salah serang warga.

Kepala Desa Wakalambe, Irman, yang dihubungi wartawan keptonnews.com, sangat berharap program pemerintah tersebut dapat berlanjut, sehingga pabrik yang sudah dibangun tidak sia sia, dan terbuka lapangan kerja bagi warga desa.

Dia menyatakan, pabrik rumput laut tersebut dibangun dia atas tanah seluas dua hektare yang merupakan aset desa yang dihibahkan kepada pemerintah untuk kepentingan pembangunnan pabrik.

“Tetapi kalau pabrik tersebut tak bisa dioperasikan dan gagal total, maka sebaiknya tanah tersebut bisa dikembalikan ke desa agar dapat dimanfaatkan untuk pembangunan fasilitas umum lain yang bisa bermanfaat bagi warga,” katanya.(is)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.