Panetra Minta Tertibkan Rumpon

94 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

PASARWAJO- Persatuan Nelayan Tradisional (Panetra) Kabupaten Buton meminta pemerintah segera menertibkan Bagan atau rumpon yang beroperasi di wilayah perairan Pasarwajo. Para nelayan tradisonal merasa terganggu dan dirugiakan dari banyaknya rumpon tradisonal dan rumpon cantrang yang menangkap ikan di wilayah perairan Pasarwajo, karena mempengaruhi penghasilan para nelayan tradisional saat melaut.

Selasa (13/11), Panetra bersama Polair turun langsung meninaju keberadaan rumpon rumpon yang masih terpasang milik warga setempat. Sejumlah nelayan di Pasarwajo, Kabupaten Buton, mengeluhkan keberadaan rumpon rumpon yang terpasang karena tidak sesuai aturan. Rumpn yang terpasang tadak memuni aturan yang seharusnya dipasang pada jarak 10 milik dari bibir pantai. Demikian juga jarak antara rumpon tradisional dan cantrang harus minimal 10 mil.

Saat pihak Tim Polair  dan Panetra melakukan peninjauan langsung, ditemukan sejumlah rumpon yang masih terpasang, akan tetapi sangat dekat dari bibir pantai, hanya sekira satu mil. Kondisi menjadi keluhan utama para nelayan tradisional, karena mereka kesulitan mendapatkan ikan.

“Ketua umum Panetra, Buton, La Ali Janna, mendesak pemerintah dan pihak terkait segera mengambil langkah tegas, guna menertibkan aktifitas rumpon sesuai peraturan dan perundang undangan yang berlaku, sehingga tidak terjadi kecemburuan sesama nelayan penangkap ikan,” kata La Ali Jnna. (is)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.