Wakil Walikota Baubau: Pelatihan dan Bimtek Salah Satu Upaya Mengukur Kualitas Tenaga Pengajar

33 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

BAUBAU-Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, mengatakan, pelatihan atau bimbingan teknis terhadap para guru merupakan salah satu upaya dalam mengukur kemampuan dan kualitas tenaga pengajar.

Hal tersebut, dikemukakan, Monianse ketika membuka kegiatan Bimtek penilaian kinerja guru lingkup Pemkot Baubau, di Baubau, Rabu.

Menurutnya, sistem penilaian guru diwaktu lalu biasanya diukur dari pengawas dengan cara menyuruh mengajar dan dipantau dari belakang. Namun saat ini dengan perangkat yang ada mereka mulai bisa mengukur dirinya sendiri, bukan lagi orang lain.

“Ini adalah upaya kita untuk mengukur kualitas guru yang sebenarnya sambil memberikan pemahaman kepada guru agar ada kemandirian untuk bisa menilai dirinya sendiri,” katanya.

Dengan pelatihan maupun bimtek, kata Monianse, merupakan juga salah satu cara mengukur kemampuan guru yang sudah lama mengabdi, sehingga bilamana kelihatan masih dibawah standar Pemkot Baubau akan meningkatkan lagi.

“Pemkot juga kalau berdasarkan hasil evaluasi nanti ada beberapa item yang semestisnya menjadi kompetensi guru itu masih dibawah standar akan melakukan penguatan-penguatan melalui diklat, karena pendidikan merupakan suatu hal penting yang tidak bisa main-main,” katanya.

Apalagi, lanjut Monianse yang juga Ketua DPC PDI-P Baubau ini, target jangka panjang untuk pendidikan tersebut guru harus dipersiapkan lebih baik.

“Bimtek ini juga sangat bermanfaat bagi para guru karena ini akan memunculkan kemandirian mereka dalam mengukur dirinya,” katanya lagi.(as/is)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.