Arusani Gratiskan Es Balok Kepada Nelayan

253 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Batauga-Plt, Bupati Buton Selatan (Busel), H La Ode Arusani menggratiskan es balok kepada seluruh nelayan Busel. Kebijakan ini diambil menyusul telah beroprasinya mesin pabrik es balok yang terletak di kecamatan Sampolawa.

H. La Ode Arusani, melalui Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Busel, Meizat Amril Tamim mengatakan, penggratisan es balok ini berlaku selama dua hari dan sudah dimulai sejak kemarin, Rabu (28/11) hingga, Kamis (29/11) hari ini. Tujuannya untuk menjadi bahan pemberitahuan kepada masyarakat Busel bahwa pembangunan pabrik es balok di Sampolawa telah beroperasi. “Pabrik juga ini merupakan bagian sarana pendukung sentra kelautan dan perikanan (SKPT) di Busel,” kata Amril saat ditemui disalah satu kafe di kota Baubau, Rabu (28/11).

Menurutnya, es balok sangat di butuhkan oleh masyarakat Busel khususnya para nelayan. Sehingga pemerintah berupaya untuk mengadakan pabrik es yang berkualitas baik. “Kualitas es ini bisa bertahan sampai 15 hari. Namun jika di tempatkan di boks yang agak terbuka dia hanya bisa bertahan sampai puluhan jam,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Direktorat Jenderal industri dan Argo kementerian Perindustrian, Muhammad Rizky Sadif, menjelaskan, mesin es balok yang dapat memproduksi 400 balok es dalam setiap harinya itu merupakan aset kementerian perindustrian. Hanya saja, masa kontraknya sudah hampir selesai. Untuk memastikan nasip aset tersebut, kementerian kembali mengutus tim untuk melakukan pengecekan. “Sesuai dengan hasil pengecekan kami sangat puas dengan apa yang dilakukan Pemda atas dukungan bangunan dan sarana lainnya. Sehingga kementerian menurunkan lagi bantuan untuk kelanjutan program tersebut,” kata Rizky Sadif.

Ia berharap, pabrik es di Busel bisa menjadi pabrik percontohan untuk daerah lain. Karena beberapa daerah yang mendapat bantuan serupa kini mangkrak karena sistem pengelolaan tidak berjalan baik.

Kementerian juga berjanji akan menurunkan sejumlah bantuan sebagai sarana pendukung seperti coldstroge, mobil termoking dan icestroage bila pengelolaan pabrik es balok di Busel itu dikelola dengan baik. (Dny)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.