Promosi Wisata, Pemda Busel Gelar Event Di Setiap Kecamatan

198 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Batauga-Sebagai wilayah eks kesultanan Buton, Kabupaten Buton Selatan (Busel) menyimpan banyak potensi wisata baik itu seni dan budaya maupun wisata alam. Sayangnya potensi ini belum terkelola dengan baik.

Untuk mengidentifikasi semua potensi wisata itu, pemerintah daerah melalui dinas pariwisata dan pengembangan ekonomi kreatif bakal menggelar even bulanan di setiap kecamatan yang tersebar di Busel.

Plt, Kadis pariwisata Busel, Drs Zamaluddin Mpd mengatakan, event bulanan tersebut diberi nama Seven Distrik. Rencananya, kegiatan tersebut dimulai pada Februari 2019. “Rencananya kita mulai dari kecamatan lapandewa. Kalau untuk jadwal kepulauan ini kami jadwalkan ketika alam membaik,” papar Zamaluddin saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (6/12).

Kata dia, event ini akan menjadi pondasi atau letakan dasar untuk mempromosi wisata sekaligus mengidentifikasi budaya apa saja yang akan menjadi unggulan dimasing-masing kecamatan untuk kemudian dipromosikan. “Kalau untuk rongi inikan kami sudah identifikasi kalau mereka memiliki benteng. Tinggal kesenian ini yang masih kita identifikasi. Semoga dengan adanya even ini kita dapat mengetahui semua potensi destinasi wisata apa saja yang menjadi unggulan disetiap kecamatan,” ungkapnya.

Selain itu, ia berharap event ini juga dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Disamping itu juga untuk meningkatkan pendapatan ekonomi warga dan daerah. “Kalau pemerintah tidak terlibat kayanya agak susah mempromosi wisatanya. Seperti kabiraburanan sana. Memang sudah bagus, hanya masih dikelola oleh desa. Makanya dengan lahirnya pemerintah disitu mungkin akan lebih baik lagi,” pungkasnya. (Dny)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.