2018, PDAM Distribusi 1.730 Sambungan Air Gratis Kepada Masyarakat

43 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

BAUBAU- Komitmen pemerintah Kota Baubau untuk melayani kebutuhan air bersih terus dimaksimalkan. Utamanya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Sedikitnya ada 1.730 sambungan rumah (SR) yang telah didistribusikan kepada masyarakat 2018 ini. Keseluruhan SR tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Baubau, Ali Hasan mengatakan bantuan program ini merupakan hibah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Nilainya mencapai Rp 4,5 miliar.

“Alhamdulillah untuk 2018 kita terbilang sukses. Program ini sudah diverifikasi oleh tim verifikasi Kementerian PUPR dan dinyatakan tidak ada masalah,” kata La Ode Ali Hasan.

Ali Hasan menjelaskan kuota 1.730 SR ini tersebar merata di 23 kelurahan.

Pemasangan memperhatikan potensi debit air yang besar seperti Sorawolio, Kalia-lia, Kolese, Lowu-lowu, Liwuto, Sukanaeo dan beberapa wilayah lainnya.

Kesuksesan program 2018 ini menjadi modal penting Kota Baubau mendapatkan bantuan serupa 2019 mendatang.

Bahkan, Kementerian PUPR sudah mengalokasikan bantuan serupa sedikitnya 2.000 unit tahun depan.

Dengan adanya sinyal alokasi hibah SR gratis 2019 maka Kota Baubau sudah tiga kali berturut-turut mendapatkan bantuan tersebut. Sebelumnya ada 289 SR tahun 2017 dan 1.730 SR yang baru saja sukses dituntaskan 2018 ini.

La Ode Ali Hasan menyatakan, ada banyak kekurangan sarana dan prasarana air bersih dibeberapa wilayah yang mendesak untuk dilakukan perbaikan, dan PDAM masih terus berupaya memperbaikinya agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Dia juga menyatakan hibah Pemkot untuk 2.000 SR 2019 mendatang, akan difokuskan memmbangun dan memperbaiki sarana dan prasarana iar bersih dizona III. Wilayah itu mencangkup Kecamatan Kokalukuna, Bungi dan Lea-lea.

“Zona III dipilih dengan mempertimbangkan debit air. Diarea itu, debit air sangat memungkinkan. Makanya bantuan ini kami pastikan tak akan mempengaruhi debit air,” katanya.

Ia sangat berharap bantuan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Apalagi air merupakan kebutuhan dasar dalam kehidupan bermasyarakat.(adm)

Sentuh Masyarakat Dengan Pemasangan 100 Instalasi Listrik Gratis

BAUBAU- Pemenuhan kebutuhan dasar listrik bagi masyarakat menjadi salah satu perhatian utama pemerintah Kota Baubau. Sedikitnya ada 100 unit pemasangan instalansi listrik yang diperuntukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) 2018 ini.

Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Baubau, Yulia Widiyarti mengatakan pemasangan 100 unit instalasi listrik ini tidak dipungut biaya alias gratis. 100 unit ini tersebar di 43 kelurahan di Kota Baubau.

“Semua bantuan memang kita peruntukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah, dan itu ada kriterianya tersendiri,” katanya.

Kriteria tersebut diantaranya dari segi pendapatan dan keadaan rumah penerima manfaat. Namun yang paling utama adalah masyarakat yang belum memiliki listrik sama sekali.

Untuk program ini, pihaknya terus berkoordinasi dengan PLN. Diupayakan biaya bulanan untuk masyarakat yang mendapat bantuan program tidak sama dengan konsumen pada umumnya.

“Khan PLN sudah ada data masyarakat yang memiliki subsidi.

Nah, kita upayakan juga masyarakat penerima ini masuk subsidi sehingga biaya bulannya akan lebih rendah,” katanya.

Yulia mengaku program yang nenggunakan dana APBD 2018 ini telah dituntaskan. Penerima manfaat sudah menikmati penyaluran bantuan ini.

Kendati begitu, 100 unit bantuan ini diakui belum mencukupi kebutuhan masyarakat Baubau secara umum. Makanya pada APBD 2019 ini telah diupayakan untuk dianggarakan kembali.

“Kalau listrik ini dianggarkan dari APBD. Memang untuk dinas kita seluruhnya bersentuhan langsung dengan bantuan masyarakat dalam hal penanganan penanggulangan kawasan pemukiman,” katanya.(adm)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.