Tersangka Pidana Pemilu, Kades Lipu Kadatua Tak Ditahan

305 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Batauga-Meski telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Badan Pengawas Pemilu Buton Selatan (Busel) bersama Sentra Penegakan Hukum Terpadu (gakumdu) atas tindak pidana pemilu, Kepala Desa Lipu Kadatua, Jamal Rais tidak menjalani proses penahanan.

Camat Kadatua, La Ode Kaimuddin mengatakan, hingga kini, pihaknya masih menunggu keputusan inkrach dari pengadilan. Jika yang bersangkutan terbukti melakukan tindak pidana pemilu seperti yang disangkakan oleh gakumdu, maka pihak kecamatan akan mengusulkan sekretaris desanya, Muslimin kepada Bupati untuk dijadikan pelaksana tugas kepala desa Lipu Kadatua. “Kami tunggu dulu putusan pengadilan baru kita angkat plt,” singkat Kaimuddin saat ditanya awak media di gedung Lamaindo, Jumat (14/12).

Saat ini, lanjutnya, Jamal Rais masih menjalankan tugas seperti biasa sebagai kades Lipu, kecamatan kadatua.

Jamal Rais diduga dengan sengaja menghadirkan caleg DPR RI pada rapat yang membahas pembangunan jalan tani untuk dilewati pipa PDAM di balai desa Lipu beberapa waktu lalu. Atas perbuatannya itu, Jamal Rais diduga melanggar pasal 490 juncto 282 undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pidana pemilu dengan ancaman penjara paling lama satu tahun dan denda uang sebesar Rp 12 juta. (Dny)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.