Bom Kepton Minta Kades Lipu Kadatua Dicopot

214 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Batauga-Gelombang aksi unjukrasa menuntut kepala desa lipu Kadatua, Jamal Rais dicopot dari jabatannya terus terjadi. Kali ini, sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Barisan Orator Masyarakat Kepulauan Buton (BOM KEPTON) kembali melakukan unjukrasa di kantor Bawaslu dan Kantor Bupati Buton Selatan (Busel), Senin, (17/12).

Koordinator aksi, La Ode Tazrufin mengatakan, sebagai warga negara yang taat hukum, Jamal Rais seharusnya mampu memahami tugas dan kewajibannya sebagai kades sehingga tidak terkesan mengecewakan masyarakat setempat. Karena itu, sesuai dengan peraturan pemerintah (PP) nomor 43 tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan undang-undang nomor 4 tahun 2014 tentang desa pasal 54 angka 2 huruf d, maka Jamal Rais harus diberhentikan. “Selain itu, kami meminta juga kepada Plt, Bupati Busel, agar memberikan sangsi secara tegas terhadap tindakan yang dilakukan oleh masyarakat lipu Kadatua,” tulis Tazrufin dalam pernyataan sikapnya.

Selain itu, ia juga meminta kepada Bupati Busel agar memberhentikan atau sekaligus mencopot kepala desa lipu dari jabatannya atas dugaan pelanggaran yang telah dilakukan bila terbukti melakukan pelanggaran tersebut.

Sebelumnya, massa aksi mendatangi kantor Bawaslu Busel Yanng terletak di kelurahan Wasambua, Kecamatan Batauga. Setelah berorasi, massa kemudian melanjutkan aksinya di kantor Bupati Busel yang terletak di kelurahan Laompo. Namun mereka harus kecewa lantaran tak satupun pejabat daerah yang mau menemui mereka. (Dny)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.