Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Tuntaskan Program Pemasangan Instalasi Listrik Gratis

153 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

BAUBAU- Pemenuhan kebutuhan dasar listrik bagi masyarakat menjadi salah satu perhatian utama pemerintah Kota Baubau. Sedikitnya ada 100 unit pemasangan instalansi listrik yang diperuntukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) 2018 ini.

Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Baubau, Yulia Widiyarti mengatakan pemasangan 100 unit instalasi listrik ini tidak dipungut biaya alias gratis. 100 unit ini tersebar di 43 kelurahan di Kota Baubau.

“Semua bantuan memang kita peruntukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, dan itu ada kriterianya tersendiri,” katanya.

Kriteria tersebut diantaranya dari segi pendapatan dan keadaan rumah penerima manfaat. Namun yang paling utama adalah masyarakat yang belum memiliki listrik sama sekali.

Untuk program ini, pihaknya terus berkoordinasi dengan PLN. Diupayakan biaya bulanan untuk masyarakat yang mendapat bantuan program tidak sama dengan konsumen pada umumnya.

“Khan PLN sudah ada data masyarakat yang memiliki subsidi.

Nah, kita upayakan juga masyarakat penerima ini masuk subsidi sehingga biaya bulannya akan lebih rendah,” katanya.

Yulia mengaku program yang nenggunakan dana APBD 2018 ini telah dituntaskan. Penerima manfaat sudah menikmati penyaluran bantuan ini.

Kendati begitu, 100 unit bantuan ini diakui belum mencukupi kebutuhan masyarakat Baubau secara umum. Makanya pada APBD 2019 ini telah diupayakan untuk dianggarakan kembali.

“Kalau listrik ini dianggarkan dari APBD. Memang untuk dinas kita seluruhnya bersentuhan langsung dengan bantuan masyarakat dalam hal penanganan penanggulangan kawasan pemukiman,” katanya.(adv)

You might also like More from author