La Ode Aswad: Pemkot Baubau Prioritaskan Peningkatan Mutu Pendidikan

166 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

BAUBAU- Sarana dan prasarana diyakini menjadi salah satu faktor utama peningkatan kualitas pendidikan. Makanya sepanjang 2018 ini, pemerintah Kota Baubau fokus membangun sarana gedung sekolah yang representatif.

Sedikitnya terdapat 29 ruang kelas belajar (RKB) yang coba direhabilitasi maupun bangun baru tahun ini. RKB ini tersebar dibeberapa sekolah seperti SMP Negeri 20 Baubau, SMP Negeri 1 Baubau, SDN 1 Wajo, SMP Negeri 4 Baubau dan beberapa sekolah lainnya di Kota Baubau.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Baubau, La Ode Aswad mengatakan kebijakan Presdien RI, Joko Widodo dalam bidang pendidikan sangatlah besar. Makanya fokus pemerintah Kota Baubau dalam dunia pendidikan adalah salah satunya peningkatan mutu dan kapasitas tenaga pendidik.

Menurutnya kualitas tenaga pendidik yang bagus maka kualitas peserta didik akan bagus pula. Kendatipun belum ada satu kajian atau penelitian yang terdokumentasi.

“Nah, tidak mungkin juga mutu peserta didik bagus jika sarana gedungnya tidak memadai. Makanya secara bertahap, pemerintah Kota Baubau khususnya Dikbud Baubau melakukan perbaikan baik sifatnya rehabilitasi maupun bangun baru,” kata La Ode Aswad ditemui di kantor Wali Kota Baubau, Jum’at 13 Desember 2018.

Terhadap sekolah yang tanahnya tidak memungkinkan maka gedung akan dibangun dua lantai. Seperti pada SD 1 Wajo, SMP Negeri 1 Baubau dan beberapa sekolah lainnya.

Kata dia, pembangunan infrastruktur pendidikan ini berasal dari dua sumber pendanaan. Baik berasal dari APBD maupun dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Beberapa pembangunan infrastruktur ini diawasi Tim pengawal dan pengaman pemerintahan dan pembangunan daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Baubau. Kerjasama ini untuk meminimalisir penyelewengan anggaran pembangunan.

Berikut beberapa pembangunan gedunh sekolah yang diawasi TP4D. Pertama ruanh kelas belajar (RKB) dan pematangan lahan SMP Negeri 20 Baubau dengan nilai kontrak Rp2.162.811.000. Lalu RKB SMP Negeri 1 Baubau Rp 1.978.509.000 dan RKB SDN 1 Wajo senilai Rp 2.473.455.000.(adv)

You might also like More from author