Pemkot Baubau Komitmen Kurangi Pengangguran

142 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

BAUBAU – Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Tenagan Kerja (Disnaker) Baubau berkomitmen memerangi menurunkan angka pengangguran di Baubau. Terbukti 2018, sejumlah kegiatan untuk mendorong warga mandiri dengan menggandeng sejumlah pihak, baik perusahaan maupun para pengusaha dan sejumlah warga di Baubau pun terus dilakukan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Baubau, Zarta mencotohkan belum lama ini, pihaknya menggandeng sembilan perusahaan di Baubau untuk menggelar job fire. kegitan tersebut dimaksudkan untuk membuka kesempatan bagi para pencari kerja di Baubau yang muaranya pada penurangan pengangguran di Baubau.

Lebih lanjut dikatakan, Disnaker Baubau mencatat jumlah pengangguran di Baubau sebanyak 6.098 orang, karena itu harapannya dengan job fire bagi sejumlah tingkatan pendidikan tersebut mampu menyerap tenaga kerja baru di Baubau.

“Jadi kemarin kita lakukan job fire di Lippo plaza, kerja sama dengan sembilan perusahaan yang akan menerima para panganggur di Baubau ini dan setelah dibuka selama dua hri jumlah pendaftar pencari kerja yang tercatat sebanyak 188 orang,” kata Zarta di Kantornya, (17/12).

Selain menggelar job fire, Dinas Tenaga Kerja juga intens menggelar melatih dan membimbing sejumlah warga di Baubau, misalnya pelatihan tentang penempatan kerja di luar negeri, pelatihan komputer juga melatih bagaimana berwirausaha.

“Jadi kita adakan sosialisasi itu kita panggil dengan pengusahan, dia berikan pemaparannnya untuk cara-cara bekerja secara mandiri, makanya harapan kami semua kegiatan yang dilakukan itu dapat menguranngi penganggaran di Baubau. Dengan begitu kesejahteraan masyakarat akan meningkat karena di UU nomor 13 tahun 2003 itu menyatakan dalam rangka pembangunan nasional dilakukan dalam pembangunan manusia seutuhnya dan pembangunan masyarakat indonesia seluruhnya untuk menwujudkan masyarakat yang adil, makmur dan merata berdasarkan pancasila UUD 45,” tuntasnya.(adv)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.