Tak Penuhi Kriteria, Seleksi Dinkes Busel Dipending

358 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Batauga-Satu dari delapan organisasi perangkat daerah (OPD) yang masuk dalam seleksi terbuka pimpinan tinggi Pratama (PTP) atau pegawai eselon dua pada lingkup Pemda Buton Selatan (Busel) dipending sementara. OPD tersebut adalah dinas kesehatan.

Sekda Busel, yang juga ketua panitia seleksi (pansel), La Siambo menjelaskan, terpendingnya dinas kesehatan dalam seleksi tersebut lantaran sebagian peserta yang ikut dalam seleksi itu tidak memenuhi syarat kriteria. Sesuai dengan ketentuan, seleksi akan dilanjutkan apabila dalam satu OPD tertentu diikuti sekurang-kurangnya empat orang. Namun dalam seleksi Asesment, dua dari lima nama yang tercatat sebagai peserta seleksi dinas kesehatan dinyatakan tidak lulus. “Satu karena pangkatnya tidak memenuhi standar sedangkan yang satu itu belum cukup dua tahun menduduki jabatan eselon tiga,” beber Siambo, saat ditanya awak media di kantor Setda Busel, Senin, (17/12).

Ia juga meluruskan isu yang berkembang diluar bahwa dinas kesehatan batal dilelang. “Jadi kita masih komunikasikan kembali persoalan ini di komisi aparatur sipil negara (KASN). Jadi ini bukan batal, tapi di tunda pelaksanaan lelang jabatan nya,” jelasnya.

Ia melanjutkan, tujuh OPD yang dilelang sudah diumumkan. Mulai besok, Selasa (18/12) hingga Kamis (19/12), proses wawancara dan presentasi makalah dilaksanakan. Sedangkan untuk Dinkes, proses pendaftaran kembali dibuka. “Kalau yang lain itu memenuhi persyaratan semua. Bahkan satu instansi itu ada lima sampai tujuh orang pesertanya. Jadi hasil penilaian pansel tanggal 19 itu kita ajukan kembali KASN untuk mendapat persetujuan,” imbuhnya.

Ia berharap, KASN menerima usulan Pemda Busel. Pasalnya, beberapa nama sebelumnya telah mengikuti seleksi Asesment. Sehingga seleksi kali ini, nama-nama tersebut tidak lagi mengikuti seleksi Asesment yang menggunakan Asesment kepolisian. (Dny)

You might also like More from author