Tingkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Keberpihakan Anggaran

28 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

BAUBAU- Komitmen Pemerintah Kota Baubau untuk meningkatkan kualitas pendidikan memang tak diragukan lagi. Pasalnya, keberpihakan anggaran untuk dunia pendidikan tahun 2018 ini dialokasikan cukup tinggi.

Sesuai amanat undang-undang yang tertuang dalam UUD 1945 pasal 31 ayat 4 dan UU Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2003 pasal 49 ayat (1), besaran anggaran pendidikan 20 persen dari postur APBD maupun APBN. Namun, pemerintah Kota Baubau malah menganggarkan lebih dari aturan itu.

Diketahui APBD 2018 Kota Baubau senilai Rp 847,5 miliar. Dari total ini, peningkatan mutu dan kualitas pendidikan dialokasikan senilai Rp 203,4 miliar.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Baubau, La Ode Aswad mengatakan untuk dunia pendidikan di Baubau dialokasikan 24 persen. Empat persen lebih tinggi dari amanat undang-undang.

“Ketersediaan anggaran merupakan fokus pemerintah daerah. Sesuai ketentuan itu 20 persen dari APBD tapi kita bahkan sudah 24 persen keberpihakan anggaran untuk dunia pendidikan,” kata La Ode Aswad di kantor Wali Kota Baubau, Jum’at 14 Desember 2018.

Keberpihakan anggaran ini merupakan salah satu komitmen pemerintah Kota Baubau untuk menunjang keberhasilan peningkatan mutu dan kualitas pendidikan. Keberpihakan anggaran diyakini akan berbanding lurus dengan kualitas pendidikan yang diharapkan.

Kualitas pendidikan ini akan dicapai dengan dukungan peningkatan sarana prasana gedung sekolah. Melalui keberpihakan ini, beberapa sekolah berhasil direhabilitasi ataupun dibangun baru pada 2018.

Diantaranya SMP Negeri 20 Baubau, SMP Negeri 1 Baubau, SDN 1 Wajo, SMP Negeri 4 Baubau dan beberapa sekolah lainnya di Kota Baubau. Bahkan sekolah yang tanahnya sudah tidak memungkinkan, maka dibangun dua lantai.

Selain sarana prasarana, keberpihakan anggaran juga dipergunakan untuk peningkatan mutu dan kapasitas tenaga pengajar. Diyakini, semakin bagus kualitas tenaga pendidik maka semakin bagus pula kualitas peserta didik yang dihasilkan.(adv)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.