Pariwisata Aspek Penting Pembangunan Wakatobi

142 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

WAKATOBI-INDUSTRI Pariwisata menjadi fondasi pembangunan perekonomian. Aspek ini berdampak multiplier effect bagi pemwrintah, masyarakat.

Ketua DPC Asita Wakatobi, Asrianto, menggambarkan analogi multiplier effect itu yang menurutnya berdampak positif. Misalnya agen perjalanan wisata mendatangkan tamu ke Wakatobi ini sudah akan berdampak bagi amenitas, akses, dan atraksi.

“Teman-teman industri mendatangkan tamu maka akan menghambur-hamburkan uangnya di Wakatobi,” katanya saat menjadi pemateri FGD Analisis Pariwisata Wakatobi.

Untuk membangun ini menurut dia perlu sinergi yabg kuat antara pemerintah, pelaku industri wisata, dan mindset kedaerahan untuk memajukan semua sektor. Contoh kecil, pemerintah harus juga membiasakan membeli tiket di travel lokal.

“Karena teavel ini membayar pajak,” ujarnya.

Travel lokal menurut dia, bersinggungan langsung dengan pembangunan dan perputaran perekonomian daerah. Makanya ia mengingatkan untuk tidak bangga karena mengisyud tiket eletronik melalui Traveloka.

Menurutnya, pelaku industri lokal (travel) minimal diberdayakan dengan membeli tiketnya saja. Selain itu, pelaku industri pariwisata perlu berasosiasi karena asosiasi menurutnya sebagai tempat berkeluh kesah sekaligus sebagai wadah untuk berpartisipasi.(end)

You might also like More from author