Pinisi Bakti Nusa Tiba Di Baubau

173 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

BAUBAU-Setelah berlayar kurang lebih dua jam berlayar dari Teluk Liana Banggai, Buton Tengah, kapal ekspedisi pinisi bakti nusa akhirnya sandar di pelabuhan jembatan batu, Kamis, (27/12) pukul 17:00 Wita. Ekspedisi yang dilakukan dalam 10 trip ini ditargetkan singgah di 74 titik di Indonesia.

Trip pertamaa dan kedua akan berlangsung dari tanggal 18 Desember 2018 sampai 18 Januari 2019. Adapun rute trip satu dan dua ini meliputi Makassar, Bulukumba, Pulu, Kabaena Bombana, Teluk Lianabanggai, Buton Tengah, Baubau,, Wakatobi, Ereke dan Kendari. Sedangkan  Trip dua, Kendari Molawe, Konawe Utara, Pulau Labengki, Lameruru Bungku, Morowali,, Donggi, Luwuk, Ampanau Togean Toraja dan bitung Gorontalo.

Kedatangan kapal pinisi di kota Baubau disambut langsung Ketua Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (ISKINDO) Buton Selatan, Laode Safii serta beberapa pengurus ISKINDO Baubau. Pada kesempatan itu, Laode Safii mengaku sangat senang dan bangga dgn kunjungan ekspedisi pinisi kali ini. “Menjadi kebahagian bagi kami karena eksepdisi pinisi mengunjungan Kepulauan buton, daerah penghasil aspal dan pemilik benteng terluas didunia” kata Safii.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang PPI dan Perizinan Buton Selatan menambahkan, kunjungan kapal pinisi diharapkan akan menjadi momentum utk promosikan potensi kelautan dan perikanan Buton Selatan. “Kami berharap tim eksepdisi bisa melakukan explorasi dan riset potensi perikaan di Buton Selatan” kata Subhan

Pada malam hari, tim eksepdisi pinisi melakukan diskusi dan makan malam bersama dengan penggiat kelautan di pantai Kamali kota Baubau.

Direncanakan wakil walikota Baubau, Laode Moniansi juga akan melakukan kunjungan dan memberikan sambutan kepada tim ekspedisi pinisi pada Selasa, (28/12) di pelabuhan jembatan batu baubau. (den)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.