Begini Cara Bupati Busel Sambut Tahun Baru

869 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

BATAUGA-Dipenghujung tahun 2018, Plt Bupati Buton Selatan (Busel), H La Ode Arusani melantik empat Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PPTP) atau pegawai eselon dua. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan para pejabat dilakukan  Senin (31/12) di aula sekretariat daerah sekira pukul 14:30 wita. Arusani memilih melantik para pejabatnya itu bertepatan dengan akhir tahun sekaligus menyambut tahun baru 2019.

Pelantikan kali ini, Arusani juga menunjuk asisten Bidaang Pemerintahan, Maharuddin, menjabat sebagai pelaksana tugas jabatan (plt) Dinas tenaga kerja dan transmigrasi.

Pelantikan empat pejabat kepala organisasi perangkat daerah (OPD) itu merupakan tindak lanjut dari hasil seleksi terbuka beberapa bulan lalu. Empat pejabat eselon II yang dilantik adalah H La Ode Taatlan SH yang dilantik sebagai Kadis Kelautan dan Perikanan (DKP) Busel. Sebelumnya,  menjabat Sekdin DKP. H La Ode Taatlan menggantikan jabatan yang ditinggalkan almarhum Heru Sungkowo yang meninggal dunia beberapa bulan lalu.

Kemudian Zamaluddin yang dilantik sebagai Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Busel. Sebelumnya, Zamaluddin menjabat Plt dinas yang sama menggantikan Mukmin yang saat ini menjabat staf ahli Bupati.

Kemudian La Mai Minu yang dilantik sebagai Kepala Kesbangpol mengantikan Drs La Ode Sadikin memasuki usia pensiun. Sebelumnya Mai Minu menjabat Sekdin Sosial Busel. Selanjutnya, Untung yang dilantik sebagai menggantikan Tanibu yang juga pensiun.

Untuk tiga jabatan hasil seleksi terbuka masih dipending pelantikannya. Ketiga OPD tersebut yakni Sekwan DPRD Busel yang ditinggalkan La Ode Hasani, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Sementara Dinas Kesehatan Kesehatan dipending seleksi jabatannya lantaran dalam proses seleksi tidak memenuhi syarat. Dalam persyaratan seleksi, setiap OPD wajib diisi oleh empat peserta. Sementara syarat ketentuan harus diisi empat orang peserta yang mengikuti seleksi terbuka. Hingga kini, belum ada jadwal pasti kapan pelantikan dan seleksi terbuka kembali digelar.

Selain pelantikan, La Ode Arusani juga menunjuk asisten dua pemerintahan, Maharuddin sebagai plt, kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Busel.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Busel H La Ode Arusani mengatakan, sebagaimana diatur dalam pasal 9 huruf e peraturan Mendagri nomor 74 tahun 2016 diubah Permendagri nomor 1 tahun 2018 menyebutkan bahwa Plt Gubernur, Plt Bupati/Walikota mempunyai tugas dan wewenang melakukan pengisian dan pergantian pejabat berdasarkan Perda perangkat daerah setelah mendapat persetujuan tertulis dari menteri.

Menurutnya pelantikan ini bagian dari kehidupan dan kebutuhan organisasi dalam rangka peningkatan kapasitas karir ASN. “Pelantikan ini dimaksud untuk memperlancar pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan publik,” ungkapnya.

“Pelantikan ini merupakan hal yang lumrah untuk memperlancar pelayanan kepada masyarakat. Seleksi bukan alat untuk mutasi. Seleksi merupakan evaluasi untuk memacu peningkatan panambah wawasan calon pejabat ASN,” pungkasnya. (Dny)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.