Pemkot Baubau Segera Fungsikan Rusun ASN

120 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

BAUBAU– 50 unit rumah susun (Rusun) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dibangun 2018 lalu tak lama lagi akan difungsikan. Bagi ASN yang berminat tinggal, pendaftaran akan segera dibuka.

Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Baubau, Yulia Widiarti mengatakan proses pendaftaran tinggal menunggu persetujuan dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau. Saat ini, surat itu sudah ditembuskan dan menunggu untuk diteken.

“Jadi pendaftaran akan dibuka setelah surat yang kami tembuskan diteken. Pendaftarannya langsung ke instansi kami,” kata Yulia Widiarti di kantor Wali Kota Baubau, Selasa 29 Januari 2019.

Kata dia, rusun ini tak terbuka untuk umum. Namun hanya diperuntukan untuk ASN yang masih aktif bekerja di instansi pemerintah Kota Baubau.

Pun demikian, tidak semua ASN bisa mendapat fasilitas ini. Terdapat kriteria tertentu yang akan dikeluarkan pemerintah untuk operasionalnya.

“Jadi rusun ini khusus untuk ASN lingkup Baubau saja ya. Tapi ada aturannya seperti harus ASN golongan II, sudah menikah, dan belum memiliki rumah, bukan bujang ya,” katanya.

Rusun ini, tambahnya, sudah dilengkapi mobiler dan fasilitas pendukung lainnya seperti listrik dan air minum. Semua perlengkapan tersebut diakui sudah tersedia.

“Jadi ASN yang berminat tinggal masuk saja. Tinggal bawa pakaian karena semua perlengkapan rumah tangga sudah tersedia,” katanya.

Rusun ini kata dia, tidak disewakan atau dikontrakan oleh pemerintah. ASN yang tinggal hanya ditarik iuran kebutuhan dasar listrik, air dan pemeliharaan gedung serta keamanan dengan nominal paling rendah Rp 200 hingga Rp 300 ribu per bulannya.(uk)

You might also like More from author

Comments are closed.