Pemda Busel Genjot Pembangunan SKPT

339 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Batauga-Potensi Buton Selatan (Busel) pada sektor kelautan dan perikanan tidak diragukan lagi. Karena itu, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Puji Astuti menetapkan Busel sebagai daerah Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) dari 20 daerah di Indonesia.

Penetapan itu tertuang dalam Keputusan Menteri (Kepmen) Kelauatan dan Perikanan nomor 51/2016. Program ini juga sejalan dengan visi misi awal pasangan Agus Faisal Hidayat dan La Ode Arusani (Agusani) dalam kampanye sebelum menjadi Bupati dan Wakil Bupati Buton Selatan defenitif.

Kendati demikian, program SKPT ini tidak sepenuhnya diserahkan pada dinas kelautan dan perikanan (DKP). Sebab dalam pelaksanaannya terdapat sarana pendukung lainnya. Artinya, program ini melibatkan beberapa SKPD terkait seperti dinas pekerjaan umum (PU), perumahan, koperasi dan UKM, lingkungan hidup dan beberapa SKPD terkait. “Dalam waktu dekat ini DKP akan melakukan rapat sosialisasi dengan OPD terkait tentang dukungan percepatan pembangunan SKPT di Busel, ” kata kadis DKP Busel, H. Taatlan.

Ia melanjutkan, rapat sosialisasi SKPT lintas OPD lingkup Busel bertujuan untuk menyatukan pemahaman terkait tugas dan fungsi masing-masing OPD dalam pembangunan SKPT ini. “Kami mengimbau OPD terkait tentang pelaksanaan dukungan percepatan SKPT agar kita keroyok atau kerja bersama, SKPT sejalan dengan visi misi awal Bupati dan Wakil Bupati Buton Selatan,
bagaimana potensi kekayaan laut kita menjadi penopang kesejahteraan bagi masyarakat,” imbaunya

Sebelumnya pemerintah Buton melalui PLT, Bupati Busel, H La Ode Arusani telah menyiapkan lahan seluas 100 ha yang tersebar di 4 titik lokasi strategis yakni Sampolawa, Siompu, Kadatua, dan Sampolawa untuk pembangunan SKPT.

Khusus kecamatan Sampolawa, pemerintah menyiapkan lahan seluas hampir tiga hektar. Dislokasi itu telah terbangun lokasi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) serta pabrik es balok dengan
kapasitas 10 ton perhari. Kemudian PDAM telah membangun jaringan pipa air bersih
diseluruh wilayah Buton Selatan yang juga menjadi sarana dan prasana pendukung percepatan SKPT.

“Kami akan membentuk tim-tim ahli membuat masterplan secara detail. Kemudian mensingkronkan program-program daerah, propinsi hingga pusat. Insya Allah, target kita bulan Juni sudah eksen,” tambah Taatlan.

Potensi kekayaan hasil laut Buton Selatan sangat besar, saat ini pemerintah daerah tinggal menunggu dukungan fiskal pemerintah pusat. Dny

You might also like More from author