Dinas Perhubungan Busel Tertibkan Sopir Angkutan Umum Bandel

242 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Batauga-Meski telah diberi peringatan agar mematuhi ketentuan peraturan pemerintah Daerah terkait pengalihan arus lalulintas bagi kendaraan angkutan umum, masih ada saja para sopir yang bandel. Untuk mengelabuhi petugas lapangan, para sopir mengganti plat mobil angkutan mereka dari plat berwarna kuning menjadi hitam.

Aksi itu diketahui setelah beberapa sopir lainnya melaporkan tindakan itu kepada dinas perhubungan. Mereka geram lantaran para sopir bandel itu dengan leluasa mengambil penumpang secara curang.

Untuk mengelabuhi petugas perhubungan, para sopir ini kerap merapatkan jendela kaca mobil yang ditutupi riben hitam layaknya kendaraan pribadi saat melintas di persimpangan jalur pasar. Ini dilakukan sejak Rekaya lalulintas diterapkan oleh pemerintah.

Untuk mencegah aksi itu, dinas perhubungan langsung menurunkan porsenil untuk menertibkan seluruh mobil yang menggunakan plat gantung. All hasil, sebanyak 10 unit mobil angkutan umum yang menggunakan plat gantung ditertibkan. “Ini kegiatan penertiban plat mobil angkutan umum. Sejak pengalihan jalur, banyak para sopir ini nakal dengan mengganti platnya dari kuning menjadi hitam. Ini dilakukan untuk menghindari arus lalulintas yang melintasi pasar,” kata Sekdin Perhubungan Busel, Djafar.

Mantan Kabag umum Setda Busel itu mengaku, kegiatan ini dilakukan sejak kemarin, Rabu, (7/2) dan akan berakhir Jum’at, (9/2) besok. Kendati berakhir besok, namun petugas lapangan tetap akan terus melakukan pemantauan. Jika ditemukan kasus serupa, maka pihaknya memaksa para sopir mengganti platnya di tempat. “Dari operasi ini yang kita dapati ini rata-rata angkutan umum rute Baubau-Sampolawa,” paparnya.

Akibat dari ulah para sopir bandel itu, penumpang mereka terlantar. Padahal beberapa dari penumpang itu membawa anak kecilnya.

Perlu diketahui, sebagai daerah otonomi baru di Sultra, Buton Selatan masih minim fasilitas. Apalagi dalam hal rambu lalulintas. Sehingga masih banyak pengendara yang berkendara dengan kondisi buta arah. Dny

You might also like More from author

Comments are closed.