Calon DPD, Amirul Bakal Tuntaskan Persoalan Pemda di Pusat

263 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Batauga-Sinkronisasi pembangunan pemerintah pusat dan daerah perlu dilakukan. Untuk mewujudkan itu, daerah tentu harus membutuhkan perwakilannya di parlemen dalam rangka menyuarakan aspirasi tersebut. Hal ini dikatakan Anggota Komisi XI DPR RI dapil Sultra, Dr MZ Amirul Tamim.

Menurutnya, masih banyak persoalan daerah yang tidak dapat diselesaikan di daerah. Apalagi, sejumlah kewenangan itu telah diambil alih pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi. Karena itu, dibutuhkan mediator atau jembatan penghubung yang mampu menyelesaikan persoalannya itu. “Dan jembatan-jembatan itu adalah DPD dibidang pengawasan terhadap pemerintah daerah. Sehingga mungkin saya yang sebagian hidup saya berkarir dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah jika duduk di DPD nanti bisa lebih efektif menyelesaikan persoalan pemerintahan yang terjadi di daerah,” ungkap Amirul saat ditemui usai menjadi pemateri workshop di Busel, Senin (18/3).

Lebih jauh dikatakan, kebanyakan permasalahan yang terjadi bukan karena ketidakmampuan aparatur atau SDM di daerah itu, namun belum adanya regulasi yang belum memfasilitasi kegiatan pemerintah daerah. Karena itu dalam kapasitas sebagai perwakilan daerah, DPD bisa membuat rancangan undang-undang yang mampu menyelesaikan persoalan pemerintah di daerah.

Kata dia, tidak ada kebijakan pemerintah pusat dan provinsi tidak berlokus di daerah. Namun masih ada kebijakan pemerintah pusat yang tidak singkron dengan pemerintah daerah. “Nah, disini peran kami nanti,” tutupnya. Dny

You might also like More from author