Syarat Terpenuhi, Busel Siap Jadi Otonom Daerah

1,027 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Batauga-Tim evaluasi Daerah Otonomi Baru (DOB) kementerian dalam negeri (Kemendagri) memastikan Buton Selatan (Busel) telah layak menjadi daerah otonomi. Kepastian ini menyusul sejumlah syarat administrasi Busel yang telah terpenuhi.

Direktur Utama Penataan Daerah Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Andi Bataralifu mengatakan, dari tahun ke tahun Busel memberikan progres yang meyakinkan dalam menata diri untuk menjadi daerah otonom. “Tahun ini adalah tahun terakhir kita melihat apakah kesiapan Busel sudah tuntas,” ungkap Andi Bataralifu.

Dari rangakaian evaluasi sejak 2018 lalu, lanjutnya, ada tiga hal yang harus dilengkapi oleh pemerintah Busel. Dan ketiga hal tersebut sudah terpenuhi. Artinya, secara administrasi dan sumber daya Busel sudah memadai dan siap menjadi daerah otonom. “Nah mudah-mudahan ini akan menjadi komitmen bersama, bupati dan seluruh SKPD bersama masyarakat, sebab tujuan pembentukan otonom itu adalah kesejahteraan, palayanan publik dan lain-lain,” nilainya.

Artinya, tambahnya, pemerintah Busel belum bisa bergembira setelah jadi daerah otonomi, sebab itu justru menjadi titik balik untuk lebih bekerja keras dalam membangun Busel untuk lebih baik lagi. “Dari 10 aspek yang kita nilai, untuk meningkatkan kualitas otonomi ini sudah lengkap seluruhnya. Tinggal bagaimana kedepannya mendesain dokumen dan komitmen pembangunan kedepannya di Busel ini,” paparnya.

Setelah diajak berkeliling melintasi wilayah kepulauan, ia terkagum melihat potensi dan keindahan Busel. Apalagi pada sektor pariwisata. Jika sektor pariwisata digerakkan dengan maksimal maka beberapa kegiatan lainnya juga ikut bergerak seperti perdagangan, infrastruktur dan ekonomi. “Nah ini saya pikir kedepan penataan itu yang akan menjadi prioritas terhadap daya ungkit pengembangan Busel,” tutupnya. (Dny)

You might also like More from author