STQ, Buteng Target Tiga Besar

36 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

LABUNGKARI-Kabupaten Buton Tengah (Buteng) memasang target yang cukup tinggi diajang Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) Provinsi Sultra ke-25. Dari 17 Kabupaten/Kota, Buteng optimis bisa finish diurutan tiga besar.

Target tiga besar itu bukan tanpa dasar. Meski Buteng tercatat sebagai daerah otonom baru di Sultra, namun potensi yang dimiliki cukup mumpuni.

Kabag Kesra Setda Kabupaten Buteng, La Ode Abdullah mengatakan Buteng akan turun dengan kekuatan penuh pada ajang ini. Ada 14 utusan berbakat yang akan berlaga ditiap kategori lomba.

La Ode Abdullah sangat yakin target itu bisa dipenuhi. Sebab terdapat beberapa kategori lomba yang diyakini bisa jadi andalan dan menjadi yang terbaik.

“Jadi ada beberapa kategori yang menjadi andalan kami, seperti Hifdzil Qur’an 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz. Bahkan yang 30 juz ini sudah pernah menjadi juara nasional. Apalagi pada ajang MTQ 2018 lalu kita berhasil menempati posisi lima besar,” kata La Ode Abdullah diruang kerjanya, Kamis 21 Maret 2019.

Kata dia, 14 utusan ini terpilih setelah mengikuti STQH tingkat Kabupaten. Seleksi dilaksanakan selama tiga hari dari 15 hingga 17 Februari 2019 lalu.

Selain peserta yang mumpuni, keberpihakan anggaran untuk meraih target itupun terbilang cukup besar. Pemerintah Kabupaten Buteng bahkan menganggarkan untuk kegiatan ini sebesar Rp 708 juta dengan rincian Rp 152 untuk STQH tingkat kabupaten dan Rp 556 juta untuk persiapan tingkat provinsi.

Kata dia, rencana awal STQH tingkat provinsi sebenarnya akan digelar pada 23 Maret 2019. Namun diundur hingga 25 Maret karena ada satu dan lain hal.

“Karena diundur maka rombongan dari Buteng akan kita berangkatkan pada 23 Maret nanti. Total semua rombongan ditambah pendamping antara 30 sampai 40 orang,” katanya.

Agar target ini terwujud, La Ode Abdullah memohonkan doa dari seluruh warga Buteng agar rombongan diberikan kesehatan dan kekuatan. Dengan begitu, ke 14 peserta ini bisa memberikan yang terbaik untuk daerah.(adm)

You might also like More from author

Comments are closed.