UMKM di Buteng Serap 20 Ribu Tenaga Kerja

71 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

LABUNGKARI– Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) tumbuh cukup subur. Pada 2019 ini, jumlah UMKM di Buteng tercatat diangka 19 ribu unit usaha.

Hal itu diungkapkan Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Buteng, Abidin saat ditemui di kantor Bupati Buteng, beberapa waktu lalu.

Dari jumlah ini, kata dia, UMKM di Buteng sudah mampu menyerap sedikitnya 20 ribu tenaga kerja. Pekerja ini tersebar baik UMKM yang tergabung dalam koperasi maupun mandiri.

Kata dia, UMKM di Buteng lebih banyak bergerak dibidang kerajinan tangan seperti tenunan. Lalu ada juga usaha, sembako, industri kecil pencetakan batako dan usaha kecil lainnya.

Agar UMKM ini terus menggeliat kedepan, pemerintah daerah terus meningkatkan kapasitas dan kualitas usaha UMKM. Langkah yang ditempuh dengan menggencarkan sosialiasi peningkatan kapasitas.

“Jadi saat ini kita terus bangun sosialisasi untuk memberdayakan UMKM ini. Baik itu meliputi bagaimana inovasi kreasi usaha sampai pada pemberian bantuan modal bagi pelaku usaha. Ini sangat penting kita lakukan karena keberadaan UMKM merupakan jantung dari perekonomian daerah dan menjanjikan lapangan kerja untuk masyarakat kedepan,” katanya. (adm)

You might also like More from author