HMI Baubau Dukung Himayatuddin Sebagai Pahlawan Nasional

352 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Baubau-Dukungan untuk Sultan Himayatuddin sebagai pahlawan Nasional terus berkembang. Setelah dukungan KNPI Buton, kini giliran HMI cabang kota Baubau.

Ketua HMI Cabang kota Baubau, La Ode Rizki Satria Adi Putra mengatakan, upaya Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) yang perjuangan Sultan Buton Ke 20 dan 23 sebagai itu sebagai Pahlawan Nasional tentunya adalah sebuah niatan yang patut kita apresiasi. Sebab Sultan Himayatuddin atau Oputa Yi Koo adalah satu-satunya Sultan Buton yang menunjukan eksistensi perlawanannya secara nyata kepada Belanda. Bahkan, sultan berjukuk La Karambau itu rela mengorbankan anak kandungnya sendiri demi harkat dan martabat orang Buton.
“Jadi jika sepintas kita menengok sejarah, maka dapat disimpulkan bahwa Oputa Yi Koo benar-benar melakukan perlawanan terhadap Belanda yang kala itu menjajah Nusantara dan sangatlah patut seorang Sultan Himayatuddin dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional,” ungkap Rezki.

Menurutnya, tak ada perbedaan yang dilakukan Sultan Himayatuddin dalam melakukan perlawanan terhadap penjajah Belanda dengan pahlawan Nasional lainnya. “Makanya, sejak melihat langkah-langkah yang diambil oleh Pemerintah terkait perjuangan ini, kami secara kelembagaan sangat mengapresiasi pemerintah Kota Baubau dan Sulawesi Tenggara serta mendukung penuh Penobatan Sultan Himayatuddin sebagai Pahlawan Nasional,” tegasnya.

Pria berdarah Buton Selatan ini mengaku, dalam waktu dekat pihaknya akan menyelenggarakan dialog terbuka soal perjuangan kepahlawanan Himayatuddin sebagai pahlawan Nasional agar dapat diketahui seluruh kader HMI dan mahasiswa yang ada dikota Baubau. (Dny)

You might also like More from author