Maksimalkan Ramadan Untuk Aktifasi Potensi Diri

56 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Wakil Walikota Baubau, La Ode A. Monianse memanfaatkan momen ramadan berbagi dengan masyrakat

BAUBAU, Keptonnews.com РBulan suci ramadan, satu diantara 12 bulan yang begitu istimewa bagi umat islam. Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse tak menyangsikan begitu banyaknya berkah dari keistimewaan bulan ramadan itu. Olehnya, Ia mengajak seluruh masyarakat Kota Baubau agar memaksimalkan ramadan untuk mengaktifasi potensi diri.

Orang nomor dua di Baubau ini berpandangan puasa di bulan ramadan merupakan hadiah dari Allah SWT sebagai sang pencipta. Hadiah untuk mengaktifasi potensi diri manusia karena telah diciptakan dengan sebaik-baik mahluk.

Potensi yang ada dalam diri manusia baik berupa potensi akal, kalbu, dan rohaniah terkadang tidak dimaksimalkan. Sebab untuk memaksimalkan potensi itu butuh energi selayaknya alat-alat elektronik.

“Nah, energi yang dibutuhkan untuk mengaktifasi semua potensi diri itu adalah iman. Sedang iman untuk bisa maksimal dayanya maka harus dengan memperbanyak amal. Di bulan puasa hang penuh berkah inilah waktunya. Itulah kenapa saya sebut puasa ramadan itu adalah hadiah dari sang pencipta,” kata La Ode Ahmad Monianse di kantor Wali Kota Baubau, baru-baru ini.

Puasa juga, kata dia, adalah wadah untuk melatih kesabaran. Banyak potensi diri yang kadangkala tak bisa diaktifkan karena kurang sabar.

“Nah, ketika ego dapat ditekan melalui puasa ramadan maka potensi diri itu akan muncul dengan sendirinya, baik potensi rohaniah dan kalbunya. Jadi semua sangat berkaitan,” katanya.

Selain itu, puasa juga menjadi ladang amaliah manusia. Dengan berpuasa, manusia bisa saling berbagi, merasakan perasaan yang dialami oleh manusia lainnya yang pada akhirnya terjalin tali silaturahim yang erat antar sesama manusia terlebih kepada Allah SWT sebagai tuhan semesta alam.

“Mari dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya karena patut kita syukuri, karena hari ini kita masih diberikan kesempatan untuk bertemu dengan ramadan. Tidak sedikit saudara kita tahun lalu masih bersama tapi tahun ini sudah tidak lagi bertemu. Mari kita isi ramadan dengan segala amal kebaikan.Apalagi puasa ramadan sudah menjadi rutinitas tiap tahunnya,” katanya. (adv)

You might also like More from author

Comments are closed.