Ziarah, Warga Baubau Padati Pemakaman Umum

32 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

BAUBAU-Warga Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, memadati Tempat Pemakaman Umum (TPU) daerah itu dihari pertama Lebaran untuk berziarah, Rabu (6/7/2019)

Banyaknya warga yang berziarah seperti di TPU ‘Kuburan Islam’ yang terletak di Kelurahan Bataraguru Kecamatan Wolio itu, untuk mendoakan sekaligus membersihkan makam kerabat dan keluarga mereka.

Sudah menjadi tradisi setiap tahunnya, warga setelah bersilaturahmi ke keluarga dan kerabat di hari Lebaran, mereka juga berkunjung ke makam di TPU.

“Seperti biasa, setiap Lebaran kami juga selalu ziarah ke makam keluarga,” ujar salah seorang warga, Adi.

Makam di TPU Kuburan Islam sebagian besar ditumbuhi rumput. Warga selain membawa kembang dan air untuk menyiram kubur, juga tak lupa membawa parang guna membersihkan rumput yang tumbuh dimakam keluarga mereka.

Ramainya warga yang berziarah ke kuburan itu, juga membawa berkah tersendiri bagi pemuda setempat. Mereka memanfaatkan momen tersebut sebagai tukang parkir kendaraan pengunjung.

Tarif parkir yang dikenakan tak dipatok atau keikhlasan dari peziarah. Mereka mengarahkan kendaraan pengunjung agar teratur.

“Kadang ada yang kasih dengan sukarela dan kadang tidak sama sekali. Jadi keikhlasan saja dari pengunjung,” kata salah seorang pemuda.(adm)

You might also like More from author