Gelombang Pindah Tugas Pejabat Busel Meningkat, Sunaryo Hengkang di Kementerian

1,036 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Batauga-Setelah dinyatakan lulus, Kepala Dinas (Kadis) Perumahan dan Kawasan Pemukiman Buton Selatan (Busel), Dr. Sunaryo Mulyo, resmi pindah tugas di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR-RI). Tidak hanya Sunaryo, Kadis Pertanian Busel, La Haruna juga resmi pindah ke provinsi Sultra.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Busel, Firman Hamzah menuturkan, proses perpindahan Sunaryo sudah dilakukan sejak 4 desember 2018. Saat itu Sunaryo mengikuti seleksi uji kompotensi tingkat kementerian di Widyaiswara. “Jabatan ini merupakan jabatan fungsional. Jadi saat itu, kementrian melalui Lembaga Administrasi Negara (LAN) untuk seleksinya terhadap uji kompetensi bahwa Dr Sunaryo Mulyo dinyatakan lulus. Prosesnya ini dimulai sejak januari 2018 lalu,” ungkap Firman saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (19/6).

Pada tanggal 17 desember 2018, lanjutnya, LAN kemudian mengeluarkan rekomendasi penetapan angka kredit calon pegawai Widyaiswara sekaligus merekomendasikan pengangkatan Sunaryo dari jabata struktural menjadi Fungsional. Artinya, Dr Sunaryo Mulyo dinyatakan lulus dan direkomendasikan untuk diangkat menjadi pegawai kementerian. “Jadi penempatannya di badan pengembangan sumber daya manusia (SDM) pekerjaan umun dan perumahan rakyat,” bebernya.

Dijelaskan, setelah semua proses penerimaan pada 11 februari 2019 selesai dan dinyatakan diterima, pemerintah Busel kemudian membuat surat pelepasan dan persetujuan pidah wilayah kepada Sunaryo tertanggal 26 februari 2019. “Jadi terhitung sejak 1 mei 2019, Dr Sunaryo Mulyo dipindahkan jenis kepegawaiannya dari pegawai negeri daerah menjadi pegawai negeri sipil Pusat kementerian PUPR, sejaligus diberikan surat perintah untuk bertugas dibidang yang dituju,” ungkapnya.

Melalui SK Nomor: 821/13.40, Plt, Bupati Busel, H La Ode Arusani kemudian resmi mengangkat Inspektur daerah Busel, La Ganevo menggantikan Sunaryo dengan status pelaksana tugas jabatan (Plt). “Jadi, tidak ada kaittannya proses pemindahan ini dengan kondisi gonjang-ganjing di dinas perumahan dan kawasan pemukiman Busel yang sentra di kabarkan beberapa terakhir ini. Sebap proses pemindahan ini sudah lama,” tuturnya.

Selain Dr Sunaryo Mulyo, pejabat tinggi tingkat pratama atau pegawai eselon II yang telah resmi meninggalkan Busel adalah kadis pertanian Busel, La Haruna. Itu dilakukan menyusul surat pemerintah provinsi terkait penerimaan pindah wilayah yang yang bersangkutan. “Terkait dengan hal ini, Plt. Bupati Busel terlah mengeluarkan surat persetujuan pelepasan yang bersangkutan. Hanya saja, berkaitan dengan penggati La Haruna itu belum dilakukan,” tambahnya.

Gelombang pengusulan pindah wilayah kerja yang diajukan para pejabat di lingkup pemda Busel pada jabatan eselon II telah banyak. Mereka diantaranya Samiruddin, Baeni Ali, Yusuf Hibali, Erik Ocktora Hibali dan Marjani Wali. Sedang pada tataran pejabat eselon III yang sudah jelas pindah adalah kepala bidang perpustakaan dan arsip Busel, Rouhani Hasan. “Kalau pengusulan pemindahan di eselon III sejauh belum, baru Rouhani Hasan,” tutupnya. (Dny)

You might also like More from author