Merasa Di Bohongi, Gema Busel Tagih Janji Arusani

701 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Batauga-Banyaknya polemik yang terjadi di Buton Selatan (Busel) membuat Puluhan kelompok Pemuda yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Muda Buton Selatan (Gema Busel) melakukan aksi protes di kantor Bupati Busel, Senin (1/7) kemarin.

Tak hanya memprotes, mereka juga menagih janji Plt, Bupati Busel, H La Ode Arusani yang mengaku akan menjadikan desa Tampaone, Kecamatan Siompu Barat sebagai lokasi destinasi wisata.

Salah satu peserta aksi yang juga Korlap Siompu barat, Lolis, mengungkapkan, janji itu terucap ketika Arusani melakukan kunjungan kerja di desa tersebut tahun lalu. Arusani prihatin dengan kondisi lingkungan yang mulai rusak akibat ulah masyarakat yang mengambil pasir untuk mendirikan rumah mereka. Karena itu ia melarang warga dan berjanji akan menjadikan tempat penambangan itu sebagai salah satu destinasi wisata di Busel. “Kedua dia (Arusani) akan memberikan solusi terhadap masyarakat terkait pengambilan pasir Disana,” ucap Lolis saat berdialog bersama sekda Busel, La Siambo di ruang rapat kantor sekretariat Busel.

Ironisnya, lanjutnya, Arusani hingga kini belum merealisasikan itu. Padahal kondisi lingkungan disana sudah sangat memprihatinkan bahkan dinilai berpotensi abrasi. “Nah, Bagaimana nanti kondisi 10-15 tahun kedepan, itu sangat memprihatinkan sekali,” nilai Lolis.

Ia berharap pemerintah Busel segera mencari solusi terkait hal itu. Jika dibiarkan, maka masyarakat yang menjadi korban. “Kemudian bagaimana dengan janji bupati yang akan menjadikan lokasi itu sebagai tempat wisata. Kalau tidak dilakukan kita ambil secara berjamaa saja,” pungkasnya.

Perlu diketahui, anggaran promosi wisata yang melekat pada dinas pariwisata dan pengembangan ekonomi kreatif tahun 2019 sebanyak Rp 4,3 miliar. Dana sebesar itu turun gelondongan dan dikelola secara swakelola. Dny

You might also like More from author