La Ode A. Monianse: Ormas adalah Komponen Daerah

21 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

BAUBAU – Wakil Wali Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, La Ode Ahmad Monianse menyatakan keberadaan organisasi masyarakat (Ormas), lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan organisasi kepemudaan (OKP) adalah komponen daerah yang perlu ada karena merupakan dinamika kota.

“Kita tidak alergi dengan mereka (Ormas, red), justru kita bersyukur karena hal itu merupakan dinamika kota. Kalau ada kritik silahkan, tetapi kita punya tujuan yang sama meski kritik itu keras ataupun tidak keras,” ujar Monianse, usai membuka sosialisasi peningkatan kapasitas Ormas, LSM dan Organisasi Kepemudaan tahun 2019, di Baubau, Senin.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Kesbangpol Baubau itu, kata dia, patut diapresiasi, karena meskipun ‘berlabel’ sosialisasi, tetapi sesungguhnya merupakan ajang silaturahmi, sekaligus juga diharapkan dapat menjadi wadah dalam menyampaikan aspirasinya.

“Kenapa kita sosialisasi, supaya mereka bisa terjawab dengan program yang sesuai harapan mereka. Karena mungkin juga selama ini teman-teman Ormas belum memahami apa yang menjadi visi kota, sehingga dengan nalar yang mereka punya menerjemahkan lain,” katanya.

Menurut Monianse, peran Ormas dalam memberikan pendidikan politik dan pemberdayaan masyarakat betul-betul berdampak positif. Hubungan yang sinergi antar Ormas dan pemerintah telah menjadi suatu tuntutan jaman sebagai pencerminan adanya perubahan dalam era demokratis.

“Mudah-mudahan setelah pertemuan ini mereka juga sudah bisa memahami dengan maksud Pemkot Baubau. Silahkan aksi, tapi pada proses rambu-rambu. Misalnya kalau tiap tiga hari demo, pemerintah juga mempunyai kesiapan-kesiapan dalam memberikan jawaban,” katanya.

Menurutnya, hubungan pemerintah dan ormas yang ditandai oleh ketidakpercayaan dan kecurigaan merupakan hal yang harus ditinggalkan. Kritik-kritik yang dilontarkan oleh Ormas kepada pemerintah merupakan bentuk kepedulian sebagian masyarakat adil dan makmur.

Dalam posisi sebagai mitra pemerintah, kata dia pula, Ormas dituntut memiliki program dan kegiatan yang bersifat sinergis serta dalam kerangka mengedepankan komitmen kepentingan nasional diatas kepentingan lainnya.

“Ormas bukan saling berseberangan dengan pemerintah, tetapi bersama-sama sebagai bentuk kepedulian. Nah pada momem hari kemerdekaan ini juga mari terus kita membuat sifat nasionalisme kita,” kata Monianse yang juga Ketua DPC PDI-P Baubau ini.(IS/IN)

You might also like More from author