Dapil Di Busel Dua Opsi

BATAUGA – Selain melakukan verifikasi administrasi partai politik (Parpol) sebagai peserta pilpres 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buton Selatan (Busel) juga sedang menggagas pemetaan daerah pemilihan (Dapil) di daerah otonomi baru di Sultra itu.

Hal ini dikatakan Ketua KPU Busel, La Ode Masrizal Mas’ud saat ditemui di kantornya belum lama ini. Sejauh ini, ada dua opsi yang lahir dalam pemetaan dapil di Busel. Opsi pertama dibagi menjadi empat dapil dan opsi ke-dua dua dapil. “kalau dua dapil tidak ada,” kata Rizal sapaan akrap La Ode Masrizal Mas’ud.

Jika pilihannya pada opsi pertama atau empat dapil, maka pembagian dapil terdiri dari Kecamatan Sampolawa satu dapil dengan kuota empat kursi di DPRD. kemudian Kecamatan Lapandewa dan Batuatas empat kursi. Kecamatan Batauga dan Kadatua enam kursi, kemudian Siompu dan Siompu Barat lima kursi.

Namun jika pilihannya pada opsi ke dua atau tiga dapil, maka Kecamatan Sampolawa akan digabung bersama Kecamatan Lapandewa dan Batuatas dengan kuota sembilan kursi di DPRD. “Kenapa kita tetapkan seperti ini karena proporsional kita. Ketika dibagi jumlah masing-masing kursi tadi tara-rata penduduknya itu merepresntasekan tiga ribuan,” nilainya.

Pemetaan ini sudah melalui proses pertemuan dengan parpol dan stakeholder beberapa waktu lalu. Namun untuk penetapannya itu belum bisa dipastikan mengingat hasil pembahasan itu harus diusulkan kembali ketingakat atas pada januari 2018 mendatang. “ïnikan kemarin baru rapat bersama parpol dan stakeholder. Nantinya ada tanggapan dari masyarakat lagi,” tutup Rizal.

(Kepton Pos/My)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.