Partai Demokrat Proses Pemberhentian Haryono Hafid

154 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

BAUBAU- DPC Partai Demokrat Kota Baubau, sedang memproses pemberhentian keanggotaan salah satu kadernya yang juga merupakan anggota legislatif Kota Baubau, Haryono Hafid. Pemberhentian tersebut terkait dengan berpindahnya Haryono ke partai lain guna mengikuti pemilihan calon anggota legislatif April 2019 mendatang.

Harfiruddin Daing, Sekretaris Partai Demokrat Kota Baubau, saat ini proses pemberhentian telah berada di DPW Partai Demokrat Sultra guna penindakan lebih lanjut.

“Kalau terkait persoalan berapa lama waktu yang dibutuhkan, dalam partai tidak ada batasan waktu pengusulan pemberhentian yang mengikat. Namun insya Allah besok mungkin sudah ada penyampaian kepada kami terkait itu,” ungkapnya.

Ditemui sesaat sebelum menggelar rapat internal Partai Demokrat Baubau, Senin (30/07), disalah satu kafe di wilayah Kelurahan Batulo, ia menerangkan pihaknya memang sedikit mempercepat proses pemberhentian Haryono.

“Haryono sudah memasukan surat pengunduran dirinya dari partai Demokrat pertanggal 15 Juli kemarin. Berdasarkan surat tersebut partai melakukan proses pemberhentian,” ungkapnya.

Ia memaparkan, kewenangan DPC Partai Demokrat hanyalah pengusulan pemberhentian dari keanggotan partai. Sedangkan pengusulan pergantian antar waktu (PAW) anggota legislatif merupakan kewenangan dari pihak DPRD Kota Baubau.

“Kewenangan kami hanya mengusulkan pemberhentian dari keanggotaan partai Demokrat. Berdasarkan pengusulan pemberhentian tersebut, pimpinan DPRD akan menyurat ke KPU menyangkut pemberhentian nama yang dimaksud dan meminta nama yang akan menggantikan,” tambahnya.

Dikatakan, sesuai dengan arahan Ketua DPC Partai Demokrat Kota Baubau, Aris Marwan Saputra, tidak dalam waktu lama lagi proses PAW Haryono Hafid akan berlangsung.

Sedangkan, terkait dengan nama PAW yang diusulkan pihaknya mengikuti mekanisme yang berlaku.

“Sesuai dokumen data pileg 2014, suara terbanyak kedua dari Partai Demokrat diduduki oleh Hartati Ude,” tuturnya.

Sementara itu, ia menegaskan, hingga saat ini Haryono Hafid belum memasukan surat pengundurkan diri sebagai anggota legislatif Partai Demokrat.

“Seyogyanya ia bisa secepatnya memasukkan surat pengunduran diri sebagai anggota legislatif dari Partai Demokrat. Karena sudah berpindah partai tidak semestinya lagi menggunakan fasilitas ataupun atribut partai Demokrat,” tandasnya.(Dewi)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.