Saksi Paslon Tolak Hasil Rekapitulasi, KPU Tetap Terapkan Hasil Rekapitulasi 

25 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

BAUBAU- Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil pemungutan suara telah usai digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau, Kamis (05/07) malam. Namun, beberapa saksi dari pasangan calon Pilwali mengajukan keberatan terkait proses pesta demokrasi tersebut atau DB2KWK.

“Rekapitulasi hasil pemungutan suara di delapan kecamatan sudah tuntas. Dan memang beberapa saksi paslon mengajukan keberatan,” ungkap Edi Sabara, Ketua KPU Kota Baubau.

Ia menerangkan, keberatan-keberatan itu sebenar sudah diregister oleh PPK saat rekap  dan sudah dikoreksi. Namun, hal itu diangkat kembali oleh para saksi guna diajukan sebagai  kejadian khusus dan dimasukan di DB2KWK.

“Sebagian keberatan itu telah diregister dan dikoreksi, namun para saksi mengangkat kembali guna dimasukan di DB2KWK. Artinya keberatan atau kejadian khusus,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan, KPU Kota Baubau tidak mempersoalkan keberatan yang diajukan oleh para saksi. Para saksi berhak menerima atau menolak hasil rekapitulasi tersebut.

“Menerima atau menolak hasil rekapitulasi adalah hak masing-masing saksi paslon. Tidak menandatangani berita acara pun itu hak penuh mereka. Tapi KPU memiliki kewajiban untuk menyerahkan hasil dan berita acara rekapitulasi kepada setiap saksi paslon,” ujarnya.

Selain itu, Edi juga menegaskan keberatan yang diajukan oleh para saksi tidak akan mempengaruhi hasil rekapitulasi KPU Baubau. Namun, bila ingin melanjutkan keberatan tersebut ada jalur tersendiri yang dilewati.

“Keberatan itu tidak berpengaruh, kami akan tetapkan. Mau dilanjutkan keberatan tersebut juga kami tidak akan menghentikannya. Karena produk kami tetap akan kami pertahankan. Kami siap menghadapinya,” pungkasnya.(Dewi)

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.